Gili Kedis, secuil keindahan di barat Lombok

Mengelilingi Gili Kedis hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit.

Pulau mungil Gili Kedis dengan pasir yang putih dan air yang jernih menawarkan ketenangan bagi wisatawan. (Annisa Saumi/Alinea)

Gili cantik di Pulau Lombok tidak hanya dimonopoli oleh Gili Trawangan yang riuh. Ada banyak gili yang tak kalah menawannya dari Gili Trawangan, tersebar mengelilingi pulau seribu masjid tersebut. Salah satu gili cantik itu adalah Gili Kedis yang berada di sebelah barat daya Pulau Lombok.

Jika dibandingkan dengan tiga gili tetangganya, yakni Gili Nanggu, Gili Sudak, dan Gili Tangkong, yang sama-sama berada di wilayah Sekotong, Gili Kedis adalah gili terkecil dari empat gugusan gili tersebut. Mengelilingi Gili Kedis hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit.

Untuk mencapai Gili Kedis dari Kota Mataram, wisatawan bisa mengambil jalur menuju pelabuhan Lembar yang dekat dengan wilayah Sekotong. Anda bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju wilayah Sekotong, karena di Lombok sangatlah susah untuk mencari angkutan umum yang bisa membawa anda menuju wilayah Sekotong. Setelah sampai di wilayah Sekotong, Anda bisa menyewa perahu langsung dari para nelayan di wilayah Sekotong, atau menuju pelabuhan Tawun untuk pergi ke Gili Kedis.

Ada beragam tarif yang dipatok para nelayan untuk menyeberang ke Gili Kedis. Saat akan menyebrang, Alinea mendapatkan harga Rp250.000 untuk mengantar dan menjemput menuju Gili Kedis. Tawar menawarlah dengan nelayan setempat. Tarif tersebut akan bertambah jika Anda memutuskan untuk berkunjung juga ke tiga gili lainnya di Sekotong.