Leonardo DiCaprio dinobatkan jadi nama spesies pohon langka

Penamaan ini tidak lepas dari peran Leonardo DiCaprio dalam mengadvokasi penyelamatan hutan hujan dari penebangan.

Aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio (kiri), saat berbincang dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. Twitter/@LeoDiCaprio

Para ilmuwan di Botanic Gardens of Kew, London, memutuskan menamai sebuah pohon langka dengan nama yang diambil dari nama aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio, karena kontribusinya dalam mengadvokasi penyelamatan hutan hujan dari penebangan.

Mengutip USA Today pada Senin (10/1), pohon itu diberi nama Leo atau dengan nama resmi Univeriopsis dicaprio. Spesies pohon tersebut terancam punah karena hanya tumbuh di hutan di negara Kamerun.

Pohon itu mirip cemara dengan ukuran kecil yang memiliki bunga kecil kuning mengkilap yang tumbuh di sekitar batang. Sebelumnya, pohon ini tak bernama. Dengan demikian, pohon Leo menjadi nama resmi pertamanya yang dinobatkan para ilmuwan.

Penamaan ini juga dilatarbelakangi peran signifikan Leonardo Dicaprio dalam menyelamatkan hutan hujan Ebo, yang membentang di Afrika Tengah. Hutan Ebo berada di jalur yang akan dibuka untuk penebangan sehingga memicu kritik DiCaprio melalui media sosialnya.

Sebelumnya, para ahli di seluruh dunia menulis surat kepada pemerintah setempat untuk mendokumentasikan pelestarian spesies tanaman dan hewan yang ada di sana. Hutan hujan Ebo dihuni flora dan fauna unik, seperti gorila simpanse dan gajah.