Menelisik keuntungan investasi rendah risiko ORI 017

Lifepal menguji keuntungan antara investasi rendah risiko ORI 017 dengan deposito perbankan. Bagaimana hasilnya?

Ilustrasi. Keuntungan investasi. Pixabay.com

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan masih membuka penawaran untuk Obligasi Negara Ritel atau ORI seri ORI 017. Produk investasi surat utang negara ini kerap diklaim lebih menguntungkan ketimbang deposito perbankan.

Untuk membuktikannya, Lifepal melakukan riset dan simulasi untuk membandingkan keuntungan yang dapat diperoleh melalui investasi ORI 017 dengan dua investasi rendah risiko lainnya. Hasil dari perbandingan itu menunjukkan bahwa ORI 017 bukan investasi rendah risiko yang paling menguntungkan.

Simulasi investasi tiga tahun ke ORI 027, deposito bank, dan deposito BPR

Dalam penelitian Lifepal yang berjudul "ORI 017 Bukan Investasi yang Paling Menguntungkan untuk Kategori Risiko Kecil", simulasi investasi selama tiga tahun dilakukan untuk mengetahui mana yang paling menguntungkan antara ORI 017, deposito bank, dan deposito BPR.

Salah satu keunggulan ORI 017 adalah pembayaran kupon bunga 6,4% p.a dan bersifat tetap hingga masa jatuh tempo. Pajak untuk investasi ini adalah 15% untuk setiap kupon yang diterima.