Mengapa seseorang sulit lepas dari candu narkoba?

Aktor Ammar Zoni tiga kali ditangkap polisi karena kasus narkoba. Apa yang membuat seorang mantan pecandu kembali menggunakan narkotika?

Ilustrasi pecandu narkoba./Foto rebcenter-moscow/Pixabay.com

Aktor Muhammad Ammar Akbar, atau yang dikenal dengan Ammar Zoni kembali ditangkap polisi terkait kasus narkoba di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (12/12). Dalam penggeledahan, ditemukan narkoba jenis ganja dan sabu-sabu.

Ini untuk ketiga kalinya Ammar ditangkap karena kepemilikan dan mengonsumsi narkoba. Pertama kali ia berurusan dengan polisi dalam kasus yang sama pada 2017. Lalu, ia ditangkap untuk yang kedua kalinya pada Maret 2023.

Pada 26 September 2023, majelis hakim memvonis Ammar dengan tahanan penjara selama tujuh bulan dipotong masa tahanan dan rehabilitasi. Ia bebas awal Oktober 2023, tetapi kembali ditangkap dua bulan berselang.

Agar lepas dari kecanduan narkoba

Menanggapi berulangnya Ammar tersandung narkoba hingga tiga kali, aktivis antinarkotika dari Lembaga Yayasan Catur Wangsa Nusantara, R. Wikra Febrian Kusumah menduga, rehabilitasi sang aktor kurang efektif hingga selesai masa pemulihan, sehingga ia menggunakan narkoba kembali.