Menumpang truk demi Slank

Ini cerita para Slankers menyesaki Gang Potlot demi menonton idola tampil dalam perayaan hari jadi ke-35, Minggu (23/12).

Fotografer Tjandra Moh Amin (kanan) bersama personel grup band Slank vokalis Kaka (kiri), drummer Bimbim (kedua kiri), dan bassist Ivanka (kedua kanan) berbincang dalam sesi diskusi Buku Foto

Tomi dan lima temannya terpaksa merebahkan badan di minimarket daerah Duren Tiga, Jakarta Selatan pagi tadi. "Di sana (Gang Potlot) soalnya sudah penuh, makanya istirahat di sini dulu,” ujarnya pada saya, Sabtu (22/12).

Pria 18 tahun itu berasal dari Kampung Tauge, Gresik Selatan, Jawa Timur. Ia sengaja menumpang truk sejak Kamis (20/12) lalu, dari Gresik menuju Jakarta. Kebiasaan menumpang truk sendiri dilakukan agar tak mengeluarkan ongkos sepeser pun.

“Saya kalau nggandol (menumpang truk yang sedang melintas) pasti ramai-ramai, biar cepat dapet truknya. Kalau sendiri sulit dapet truk,” kata Tomi.

Sejak berangkat dari Gresik, Tomi mengaku telah sepuluh kali berpindah-pindah truk untuk sampai ke Jakarta. Ia menumpang truk bersama rombongannya yang berjumlah 25 orang. Kawan-kawan di rombongan itu tak hanya datang dari Gresik, tapi juga daerah-daerah lain di Jawa Timur seperti Tuban, Pasuruan, dan Sidoarjo.

Perjalanannya ke Jakarta kali ini telah ia rencanakan sejak 3 November 2018. “Kami sudah merencanakan dan janjian sejak Slank konser di Sidoarjo, 3 November kemarin,” kata Tomi yang diamini kawan-kawannya.