Mewujudkan festival musik ramah anak

Bagaimana syarat festival musik yang ramah terhadap anak-anak?

Ilustrasi konser musik./Foto RahulPandit/Pixabay.com

Belakangan ini, beberapa festival musik di Indonesia sudah memerhatikan ruang-ruang yang ramah anak, sehingga orang tua tak khawatir membawa buah hati mereka. Misalnya saja, dalam Synchronize Fest 2023 yang diadakan awal September 2023 di Jakarta International Expo, terdapat ruang bermain untuk anak-anak dengan fasilitas lengkap.

Lalu, di Pestapora 2023 yang diadakan di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta pada 22-24 September 2023 terdapat penitipan anak dan area bermain untuk anak-anak. Fasilitas itu dinamakan Pecapowa Stage.

Menurut seorang ibu rumah tangga, Yoan Theodora Wijaya, 39 tahun, festival musik biasanya tak semua memberikan ruang untuk anak-anak. “Kadang ada rokok atau konten dewasa lainnya,” kata dia kepada Alinea.id, Kamis (26/10).

Atas dasar itu, Yoan lebih memilih membawa anaknya yang berusia tujuh tahun ke acara konser musikal, yang memang ditujukan buat anak-anak. Contohnya, beberapa waktu lalu, ia membawa anaknya ke konser musikal Bawang Merah dan Bawang Putih di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

“Karena untuk konser musikal sendiri, selain lebih bersih, peraturannya juga ketat,” ujar dia.