Nyaris 14 tahun, Britney Spears akhirnya bebas konservatori

Britney Spears menjalani konservatori mulai 2008. Sejak saat itu, kewenangan atas tindakan medis hingga keuangannya dikuasai ayahnya.

Penggemar Britney Spears melakukan aksi di depan pengadilan menuntut konservatori terhadap idolanya diakhiri. AP Photo/

Penyanyi Britney Spears akhirnya terbebas dari konservatori usai menjalani selama nyaris 14 tahun. Ini berdasarkan keputusan majelis hakim di Amerika Serikat pada Jumat (12/11) waktu setempat.

Kebebasan tersebut didapati pelantun Baby One More Time itu setelah selama lima bulan secara terbuka menuntut konsevatorinya diakhir, menyewa pengacara, dan meminta ayahnya dikeluarkan sebagai kuasa hak konsevatori. Dengan demikian, Spears memiliki kewenangan atas tindakan medisnya, keuangan, dan pribadinya sejak 2008.

"Berlaku hari ini, konservatori orang dan harta milik Britney Jean Spears dengan ini dihentikan," kata hakim Brenda Penny saat mengumumkan keputusannya.

Meskipun tak menghadiri persidangan, Spears melalui akun Instagramnya mengatakan, putusan tersebut merupakan hari terbaik yang pernah ada.

Pada Juli lalu, Spears dalam pidatonya menyatakan, pembatasan dan pengawasan atas hidupnya sebagai pelecehan akan menjadi kunci kemenangannya dalam menggugat putusan konservatori. Dia pun berharap, konservatori diakhiri tanpa mengevaluasi kondisi mentalnya.