Pentingnya anak bermain di luar ruangan

Anak-anak kini banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Padahal, bermain di luar ruangan sangat penting.

Ilustrasi anak-anak yang bermain./Foto trilemedia/Pixabay.com

Bila ke pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta, Ria Nur Apriyani kerap mengajak keponakannya yang berusia enam tahun bermain robot berbentuk hewan yang bisa ditunggangi. Robot yang serupa odong-odong itu berjalan di salah satu area tertentu mal.

Alasan mengajak keponakan itu bermain robot hewan itu, menurutnya, untuk lebih mengeksplorasi pengetahuan dan memberikan pengalaman. Biaya untuk bermain odong-odong hewan itu sekitar Rp50.000 hingga Rp150.000, dengan membeli voucher untuk beberapa kali berkeliling dalam beberapa menit. Soal keamanan, ia tak khawatir.

“(Saya selalu) melihat dia dari jauh atau mengikutinya,” ujar Ria kepada Alinea.id, Senin (18/12). “Dari sisi keamanan sudah bagus karena ada (petugas) yang mengawasi.”

Menurut Ria, ia kerap membawa keponakannya bermain di mal karena ruang publik terpadu ramah anak (RPTA) tak banyak jenis permainannya. “Dan sudah ada yang rusak. Kadang juga anak-anak lain tidak mau bergantian,” tutur dia.

Robot-robot hewan beraneka warna dan berbagai jenis, seperti panda, beruang, gajah, atau kuda memang menarik buat anak-anak. Selain berbentuk hewan, ada pula mobil-mobilan atau kereta-keretaan. Lain itu, anak-anak juga disuguhi permainan video digital atau area khusus di mal.