Saat muda dan bugar bukan jaminan bebas penyakit jantung

Ashraf Sinclair dan sejumlah selebritas meninggal di usia muda karena gangguan jantung.

Ashraf Sinclair dan sejumlah selebritas meninggal di usia muda karena gangguan jantung. Ilustrasi Alinea.id/Dwi Setiawan

Kabar duka kembali menghinggapi dunia selebritas. Kena serangan jantung, pemain film Ashraf Sinclair meninggal dunia, Selasa (18/2) lalu. Suami penyanyi Bunga Citra Lestari itu mengembuskan nafas terakhir di kamar tidurnya di kediamannya di kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan. 

Ashraf meninggal di usia yang tergolong muda, yakni 40 tahun. Kematian Ashraf tak hanya mengagetkan bagi sang istri, tapi juga publik. Warganet bahkan sempat mengaitkan kematian Ashraf dengan program electric muscle simulation (EMS) yang tengah ia jalani. 

Empat hari sebelum terkena serangan jantung, Ashraf diketahui baru saja menjalani terapi EMS. Itu terapi untuk menumbuhkan otot menggunakan rangsangan listrik dari luar. 

Namun demikian, spekulasi liar itu dibantah spesialis kedokteran olahraga Andhika Raspati. Seperti dikutip dari Antara, Andhika menyebut tak ada kaitannya terapi EMS dengan penyakit jantung. 

"Itu bukan akibat EMS karena terapi EMS berlebihan pun tak ada hubungannya dengan gangguan jantung yang menyebabkan kematian almarhum. Jike berlebihan, hal itu (EMS) dapat menimbulkan nyeri pada otot," kata Andhika.