Sering sakit kepala saat bangun pagi?  Ini penyebabnya

Sakit kepala setelah bangun tidur juga bisa terjadi akibat anjloknya tekanan darah sementara karena mengubah posisi dari rebahan ke duduk

Sakit kepala bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika bangun tidur di pagi hari. / istimewa

Sakit kepala bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika bangun tidur di pagi hari. Untuk mencari obatnya, harus lebih dulu tahu apa yang menyebabkannya. Ada banyak penyebab sakit kepala saat bangun tidur. Simak penjelasan yang akan diberikan Public Relation Associate Hello Sehat, Rizka Fenadania berikut ini.

Pada umumnya, sakit kepala saat bangun pagi disebabkan oleh dehidrasi setelah 7-8 terlelap tanpa asupan air. Sakit kepala setelah bangun tidur juga bisa terjadi akibat anjloknya tekanan darah sementara karena mengubah posisi dari rebahan ke posisi duduk atau malah bangkit berdiri dengan cepat dan mendadak.
Namun, sakit kepala di pagi hari juga bisa disebabkan oleh:

1. Migrain

Migrain adalah sakit kepala yang biasanya dimulai pada satu sisi kepala, tetapi dapat menjalar memengaruhi kedua belah sisi. Penyebab mingrain belum diketahui pasti, tapi dicurigai fungsi otak yang tidak wajar jadi memengaruhi sinyal saraf, zat kimia, dan pembuluh darah di otak.

Rasa sakit migrain sering digambarkan sebagai nyeri berdenyut parah yang bisa bertambah buruk ketika terpapar cahaya terang, misalnya lampu kamar atau sinar matahari pagi. Perubahan cuaca yang ekstrim dari dingin ke panas, atau sebaliknya, juga dapat memicu gejala migrain kambuh Migrain juga bisa dipicu oleh kondisi lain, seperti hidung yang tersumbat karena pilek atau flu.