Tanaman hias tak sekadar untuk dikoleksi

Seperti fesyen, tren tanaman hias juga mengalami perubahan setiap tahunnya.

Ilustrasi. Pexels

Sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu di rumah saat pandemi Covid-19. Beberapa di antaranya mereka pun akhirnya keranjingan mengoleksi tanaman hias saat mengisi waktu luang.

Bertambahnya jenis tanaman hias yang beragam, unik, dan indah semakin membuat banyak orang memilih merawat dan mengoleksinya baik untuk tambahan interior rumah maupun lainnya.

Kolektor tanaman hias, Handry Chuhairy, menyatakan, beberapa tren tanaman hias pernah berkembang di Indonesia dan digemari milenial. Vertical garden, ornamental PlantsPatio garden, foliage plants trend urban Jungle (2018), Aroid plants (2019), hingga interior urban jungle (2020), misalnya.

Menurutnya, tanaman hias tetap menjadi tren hingga kini. Yang berkembang pada tahun depan diyakini berbeda dengan sebelumnya.

Pada 2021, tanaman hias umumnya menjadi gaya hidup (lifestyle). "Tren untuk tahun 2022 itu berubah menjadi seperti fashion (mode)," ujarnya dalam Alinea Forum bertajuk "Tanaman Hias Kalimantan, Ladang Bisnis Sukses hingga Jadi Jutawan", Selasa (28/9).