Yang perlu diketahui tentang stroke pada anak muda

Memang benar bahwa risiko stroke Anda meningkat seiring bertambahnya usia, tetapi stroke pada orang muda memang terjadi.

ilustrasi. foto Pixabay

Bagi kebanyakan orang muda, kemungkinan terkena stroke sepertinya tidak mungkin – tetapi tidak ada yang namanya terlalu muda untuk terkena stroke. Memang benar bahwa risiko stroke Anda meningkat seiring bertambahnya usia, tetapi stroke pada orang muda - bahkan bayi, anak-anak, dan remaja - memang terjadi. 

Faktanya, antara 10 dan 15 persen stroke terjadi pada orang berusia 18 hingga 50 tahun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Februari 2020 di jurnal Stroke. Secara umum, sebagian besar ahli menganggap usia stroke muda adalah di bawah 45 tahun.

Bagaimana Stroke pada Orang Muda 
Jenis stroke yang terlihat pada orang yang lebih muda biasanya berbeda dari apa yang dilihat dokter pada pasien yang lebih tua.

"Ada beberapa masalah terkait jantung yang tampaknya menjadi penyebab stroke pada orang muda yang tampaknya semakin berkurang seiring bertambahnya usia," kata Andrew Russman, DO, seorang ahli saraf dan direktur medis dari Comprehensive Stroke Center di Klinik Cleveland di Ohio. Ia menambahkan bahwa banyak anak muda tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi mendasar yang berkontribusi terhadap stroke, sampai mereka menderitanya.

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap stroke pada orang muda, yang biasanya berbeda dari apa yang dilihat dokter pada orang tua yang mengalami stroke, adalah sebagai berikut: