Pengendalian sampah plastik, kolaborasi pentahelix

Perlu strategi dan kolaborasi multipihak sebagai katalis dalam  mengendalikan sampah plastik.

Mercy Lona. Istimewa

Pengendalian sampah plastik menjadi tema utama dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2023. Beat plastic pollution menjadi hashtag mendunia untuk menggugah bahwa isu sampah plastik masih isu utama dalam realitas baik di aras lokal, nasional dan global.

Sampah plastik merupakan jenis sampah yang baru bisa terurai dalam waktu yang sangat lama dan menimbulkan dampak pencemaran yang berbahaya terhadap tanah, air, dan laut. Sumber utama sampah plastik berasal dari kemasan makanan dan minuman, kemasan barang konsumsi (consumer goods), kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya. 

Target SDGs 2030

Salah satu pilar dalam Sustainable Development Goals yang sedang berlangsung adalah isu lingkungan. Target SDGs 2030 bisa tercapai, tujuh tahun menuju 2030 bukanlah waktu yang terlalu lama sehingga perlu upaya optimal dari berbagai pihak mewujudkan target tersebut termasuk dalam memerangi atau mengendalikan sampah plastik.

Perlu strategi dan kolaborasi multipihak sebagai katalis dalam  mengendalikan sampah plastik. Hal itu dilakukan untuk menyusun strategi yang tepat dengan tujuan akhir sustainable development (pembangunan berkelanjutan).