JK mengingatkan agar media tidak berpihak

Satu syarat utama daripada semua media, yaitu obyektivitas

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) menyampaikan sambutannya saat meresmikan acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Zakat 2019 di Balaikota Solo, Jawa Tengah, Senin (4/3)./AntaraFoto

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan kepada seluruh pelaku media di Tanah Air untuk bersikap obyektif dan tidak berpihak karena media massa berperan penting dalam mengubah perilaku sosial masyarakat.

"Satu syarat utama daripada semua media, yaitu obyektivitas, kenapa? Karena begitu media berpihak, maka orang tidak akan melihat. Media akan mengubah perilaku, pikiran dan pandangan masyarakat," kata Wapres saat menghadiri peluncuran Pikiran Rakyat Televisi di Hotel Savoy Homann Bandung, Jabar, Minggu.

Kebebasan berekspresi di media saat ini, lanjut JK, jauh lebih baik ketika di zaman dahulu. Pada masa orde baru, media yang tidak sejalan dengan arah pemerintah maka dengan mudah dapat dibredel oleh penguasa.

"Tapi sekarang dalam alam demokrasi kita, media berkembang dengan bebas, dengan baik, selama dia obyektif, dapat memberikan informasi yang independen, baik dan benar," tambahnya.

Selain obyektivitas, media massa juga harus mengedepankan prinsip kecepatan dalam menyajikan informasi berita untuk publik, tutur Wapres.