4 tower di Wisma Atlet Kemayoran jadi RS darurat Covid-19

Sudah bisa operasional sebagai rumah sakit darurat penanganan Covid-19 pada Senin depan atau 23 Maret 2020.

Sejumlah petugas berjaga di depan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/3).Foto Antara/Aditya Pradana Putra/aww

Kementerian PUPR menargetkan sejumlah menara atau tower di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta sudah bisa operasional sebagai rumah sakit darurat penanganan Covid-19 pada Senin depan atau 23 Maret 2020.

"Kami target persiapan untuk RS Darurat Covid-19 di Kemayoran dapat selesai sekitar 4 hari ke depan. Target hari Senin depan (23/3) RS Darurat Covid-19 ini bisa beroperasional. Kami siap melaksanakan tugas yang diamanahkan kepada Kementerian PUPR untuk membantu penanganan Covid 19 di Indonesia," kata Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam rilis hasil Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Rapat dipimpin Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta TNI dan BUMN Karya.

Kementerian PUPR, akan berkoordinasi dengan Kementerian BUMN dan pihak terkait lainnya agar ruang rawat inap dan fasilitas pendukung RS Darurat ini bisa segera selesai. Lebih lanjut, Khalawi menerangkan, empat tower yang disiapkan di Wisma Atlet Kemayoran antara lain, tower 1, 3, 6 dan 7.

Keempat tower tersebut diperkirakan dapat menampung pasien yang cukup banyak namun tetap memerhatikan kesehatan tenaga medis dan keamanan yang bertugas.