45 penambang emas di Mongondow, Sulut, masih tertimbun longsor

Sekitar 100 personel tim gabungan diturunkan untuk mengevakuasi para korban.

Sejumlah anggota tim SAR mengevakuasi salah seorang korban tambang emas yang longsor di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Selasa (26/2)./ Antara Foto

Kepala Seksi (Kasi) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara, Abdul Muin Paputungan, mengatakan ada total 60 orang penambang emas yang tertimbun longsor di lokasi pertambangan di Desa Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Saat ini, ada 45 korban yang masih tertimbun akibat longsor yang terjadi pukul 21.10 WITA, Selasa (26/2) kemarin.

"15 korban berhasil dievakuasi, sementara 45 korban lainnya masih terjebak, itu pun bisa bertambah dan bisa berkurang," kata Abdul saat dihubungi jurnalis Alinea.id dari Jakarta, Rabu (27/2).

Dari 15 korban tersebut, satu di antaranya meninggal dunia, sementara 14 korban lainnya dalam kondisi luka-luka.

Sekitar 100 personel tim gabungan diturunkan untuk mengevakuasi para korban. Tim terdiri dari personel BPBD Bolaang Mongondow, Basarnas Kota Mobagu, TNI, Polri dan juga masyarakat.

"Tadi ada tambahan personel dari Polres Kota Mobagu sebanyak 60 personel, jadi kami perkirakan 100 personel," kata Abdul.