5 ventilator karya anak bangsa siap diproduksi massal

Ventilator peralatan sangat penting untuk penyembuhan pasien positif Covid-19.

Ilustrasi ventilator. Alinea.id/MT Fadillah.

Pandemi Covid-19 belum menunjukan tanda-tanda akan berakhir. Namun, ada hal yang membanggakan. Yakni, anak bangsa berhasil membuat lima ventilator untuk pasien Covid-19 dan telah mengantongi izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta siap diproduksi. 

Ventilator itu, merupakan salah satu inovasi Konsorsium Riset dan Inovasi yang digagas Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), telah menghasilkan berbagai inovasi untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

Ventilator peralatan sangat penting untuk penyembuhan pasien positif Covid-19. Lima alat tersebut, merupakan bagian dari 57 produk inovatif untuk menanggulangi pandemi yang dihasilkan oleh tim riset dan inovasi. 

Setelah mengantongi izin edar, kelima ventilator segera memasuki tahap produksi massal. Beberapa inovator, sudah menghasilkan ratusan produk yang sudah dimanfaatkan oleh rumah sakit dalam membantu menyelamatkan pasien Covid-19.

Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengaku, kagum dengan kehebatan dan pencapaian putra-putri kebanggaan bangsa Indonesia. Bayangkan, riset dan inovasi yang biasanya dalam proposal dilakukan minimal satu tahun anggaran, ini hanya dalam hitungan tiga bulan sudah menghasilkan produk-produk inovasi yang berkualitas.