Selama libur Nataru, 7 kereta jarak jauh berhenti di Stasiun Jatinegara dan Karawang

Penerapan pola operasi khusus guna mengakomodir dan memudahkan calon penumpang yang menggunakan kereta jarak jauh di area Daop 1 Jakarta.

Ilustrasi. Foto wikipedia

PT KAI Daop 1 Jakarta bakal menerapkan pola operasi khusus untuk keberangkatan tujuh kereta api (KA) dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) jelang periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, kebijakan tersebut berlaku mulai 22-31 Desember 2022.

"Dari 7 KA tersebut, ada 3 KA berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Jatinegara dan 4 KA lainnya di Stasiun Karawang untuk melayani naik turun penumpang," kata Eva dalam keterangan resmi, Senin (19/12).

Penerapan pola operasi khusus dilakukan guna mengakomodir dan memudahkan calon penumpang yang akan menggunakan KAJJ di area Daop 1 Jakarta. Selain itu, penumpang memiliki stasiun alternatif untuk melakukan proses pemeriksaan tiket dan naik KA serta menghindari kepadatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Adapun tiga KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen yang berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani penumpang naik, yaitu KA 7004A Argo Muria tambahan tujuan Semarang Tawang. Kereta ini berangkat dari Stasiun Gambir pukul 00.35 WIB.