77 tenaga medis siap bertugas di RSD Covid-19 Pulau Galang

Mereka berasal dari TNI, Polri, dan relawan.

Presiden Jokowi (kanan) memberikan arahan kepada Kepala BNPB, Doni Monardo (kedua kiri); Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (tengah); dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga (ketiga kiri); saat peninjauan RSD Covid-19 Pulau Galang, Kota Batam, Kepri, Rabu (1/4/2020). Foto Antara/Sigid Kurniawan

Sebanyak 77 tenaga medis siap bertugas di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Pulau Galang, Kepulauan Riau (Kepri). Mereka terdiri dari TNI, Polri, dan relawan.

Dalam melaksanakan tugasnya, kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono, tim medis akan dipimpin Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kesehatan. 

"Sudah ditunjuk tim dokter selaku Dansatgaskes di sana, adalah Kolonel Heru dari Kodam I," ujarnya di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (3/4). RSD Covid-19 Pulau Galang rencananya beroperasi pada 6 April 2020.

Dalam operasionalnya nanti, dia menambahkan, RSD Covid-19 Pulau Galang hanya merawat pasien terpapar virus SARS-CoV-2 kategori ringan sampai sedang. Selain itu, dikhususkan untuk pekerja migran Indonesia, semisal di Malaysia.

Oleh sebab itu, Kogapwilhan I sudah mengoordinasikan pelaksanaan pemulangan mereka. Ini dilakukan karena diperkirakan pekerja migran Indonesia yang ada di Malaysia sekitar 20.000 orang.