824 BTS 4G telah dibangun di Papua Barat

Keberadaan layanan BTS 4G saat ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam pengembangan tata ruang dan pembangunan daerah.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Akses Telekomunikasi dan Peresmian BTS 4G di Provinsi Papua Barat, yang berlangsung di Swiss Belhotel Manokwari, Rabu (6/10/2021). Foto kominfo.go.id/A/YH

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak masyarakat Papua untuk menjaga infrastruktur telekomunikasi yang telah dibangun dengan baik.

Menurutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Papua Barat, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang percepatan transformasi digital nasional..

"Pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G merupakan bagian penting dari arahan Presiden Joko Widodo dalam agenda percepatan transformasi digital nasional," kata Johnny dalam keterangannya, Kamis (7/10).

Menurut Johnny, layanan BTS 4G di Provinsi Papua Barat ditandai dengan dimulainya peresmian BTS 4G yang telah on air di dua kabupaten yang mencakup Desa Isiren, Kecamatan Rumberpoon dan Desa Siresi Kecamatan Soug Jaya di Kabupaten Teluk Wondama, serta Desa Kasi Indah Kecamatan Kasi Kabupaten Tambrauw.

Peresmian itu menandai dimulainya layanan BTS 4G di 4.200 lokasi yang dibangun BAKTI Kementerian Kominfo pada 2021. Semua BTS 4G akan on air secara bertahap. Peresmian berlangsung melalui konferensi video antara Manokwari dengan para perangkat dari ketiga desa di mana lokasi BTS berada.