Ada wacana setop PPKM, penanganan kasus Covid-19 dipastikan terus berjalan

Penyesuaian akan dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, vaksinasi, surveilans, serta komunikasi publik kepada masyarakat.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers perkembangan penanganan kasus Covid-19. YouTube BNPB Indonesia

Pemerintah memastikan penanganan Covid-19, termasuk kepada para pasien, masih akan terus berjalan seiring munculnya wacana mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). 

"Penanganan pasien Covid-19 akan terus berjalan selama masih ada kasus di Indonesia," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam telekonferensi pers pada Kamis (22/12).

Wiku mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini semakin terkendali. Pangkalnya, tren kasus terus mengalami penurunan dan aktivitas masyarakat sudah kembali seperti sedia kala.

"Dengan meningkatnya sosial ekonomi masyarakat, maka pemerintah akan menyesuaikan kebijakan penanganan Covid-19," ujarnya.

Diungkapkan Wiku, kebijakan PPKM berpengaruh besar dalam menjaga pengendalian kasus Covid-19 di Indonesia. Melalui pertimbangan tersebut, penyesuaian akan dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes), vaksinasi, surveilans, serta komunikasi publik kepada masyarakat.