Alasan Jokowi tunjuk Azwar Anas pimpin Kemenpan RB

Azwar Anas dilantik sebagai Menpan RB di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (7/9).

Prosesi pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan RB oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (7/9/2022). YouTube/Sekretariat Presiden RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dengan beberapa pertimbangan. Salah satunya, inovasi saat menjabat Bupati Banyuwangi dua periode sejak 2010-2021.

"Waktu memegang birokrasi di Banyuwangi, banyak sekali yang saya lihat. Saya langsung melihat ke sana saat itu, inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, di urusan KTP, urusan perizinan yang bisa dilakukan di pasar, di mal," tuturnya usai pelantikan Menpan RB di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (7/9).

"Saya kira," imbuh Jokowi, "beliau termasuk yang pertama saat itu. Sehingga, track record itu yang menyebabkan kita memilih Pak Azwar Anas."

Lebih jauh, Jokowi meminta Azwar Anas mempercepat reformasi birokrasi. Ini sesuai nomenklatur institusi yang dipegangnya.

"PANRB, RB-nya itu reformasi birokrasi, digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.