Bakamla RI dan Australia Border Force patroli bareng di perairan timur Indonesia

Operasi bersama ini berfokus pada wilayah timur Indonesia yang berbatasan dengan Australia.

Patroli Bakamla RI dan Australian Border Force Cutter (ABFC) Cape Sorrel. Dok: Bakamla RI

Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Australian Border Force Cutter (ABFC) Cape Sorrel melakukan patroli bersama di perbatasan Indonesia-Australia. Operasi bersama ini berfokus pada wilayah timur Indonesia yang berbatasan dengan Australia. 

Komandan KN Pulau Dana-323 Letkol Bakamla Hananto Widhi Nugroho mengatakan patroli bersama ini merupakan bentuk kolaborasi dengan maritim Australia dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan. Terlebih, ini bukti nyata bahwa Bakamla hadir di daerah perbatasan untuk melindungi nelayan Indonesia.

“Adapun KN Pulau Dana-323 dalam patrolinya mengutamakan perlindungan nelayan Indonesia,” katanya dalam keterangan, Selasa (27/9).

Hananto menyebut, selain perlindungan nelayan, pihaknya juga dalam upaya pencegahan agar mereka tidak masuk wilayah perairan Australia. Sehingga, kondisi perbatasan tetap terjaga dalam kondisi yang stabil.

“Illegal fishing, penyelundupan manusia dan penyelundupan barang-barang terlarang seperti narkoba, ballpress, dan minuman keras tak luput menjadi target dalam operasi ini,” ujarnya.