20 nama yang lolos profile assesment capim KPK

Empat jenderal polisi dinyatakan lolos profile assesment capim KPK.

Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih mengumumkan capim KPK yang lolos seleksi. Antara Foto

Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan sebanyak 20 peserta lolos pada tahapan seleksi profile assesment. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dan profesi.

"Dari 40 peserta yang mengikuti seleksi profile assesment capim KPK masa jabatan 2019-2023, yang dinyatakan lulus sebanyak 20 orang," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (23/8).

Yenti mengatakan, penilaian terhadap 20 peserta yang lolos berdasarkan hasil seleksi profile assessment tersebut merupakan hasil dari masukan publik dan pelacakan dari delapan lembaga yang turut membantu terhadap para capim KPK itu.

Adapun delapan lembaga yang terlibat, yakni KPK, Kejaksaan, Kepolisian, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Ditjen Pajak.

Nantinya, 20 nama tersebut akan mengikuti tes tahapan berikutnya, yakni tes kesehatan, wawancara, dan uji publik. Usai melalui seluruh rangkaian tes, pansel akan memilih 10 nama yang akan diserahkan ke Presiden.