Biaya haji 2019 dipastikan naik

Pengumuman kenaikan biaya haji 2019 rencananya dilakukan hari ini.

Jemaah haji Indonesia./ Antara Foto

Usulan kenaikan biaya haji 2019 dipastikan terpenuhi dan akan diumumkan hari ini, Senin (4/2). Pengumuman rencananya dilakukan usai Rapat Kerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama Menteri Agama rampung terlaksana.

"Kami akan memfinalisasikan soal besaran ongkos haji tahun ini. Memang kenaikan biaya haji ini tidak bisa dihindari, mengingat pemerintah Arab Saudi melalui 'Muassasah' nya (Organisasi Penyelenggara Haji Arab Saudi) memang menyatakan akan ada kenaikan 'naqabah' (biaya transportasi) sebesar 10%," ujar Ketua Tim Panja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2019, Ace Hasan Syadzily, saat ditemui di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (4/2).

Faktor lainnya yang turut ambil peran dalam kenaikan biaya haji tersebut, adalah terkait melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap mata uang asing.

"Kita tahu bahwa sekarang ini terjadi depresiasi mata uang, oleh karena ongkos naik haji itu sebagian besar kan memang menggunakan mata uang asing, terutama dollar dan riyal, tentu bakal berimplikasi terhadap transportasi udara," tambahnya.

Selain menyesuaikan konversi rupiah terhadap nilai mata uang asing tersebut, komponen lainnya yang turut dipertimbangkan ialah upgrading Air Conditioner di Armina, serta katering untuk jemaah haji.