BMKG: Gelombang tinggi akan terjadi di perairan Banten

Masyarakat yang akan berlibur atau menghabiskan malam panjang pada libur Natal dan tahun baru, diharapkan berhati-hati.

Ilustrasi gelombang tinggi.AntaraFoto

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi akan terjadi di perairan Banten pada saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Bahkan, untuk di perairan Banten bagian Selatan, ketinggiannya mencapai empat meter.

BMKG juga memperkirakan gelombang tinggi itu akan menghantam perairan Selat Sunda bagian Utara, yakni wilayah Merak, Anyer, hingga Carita. Begitupun di perairan Selatan Banten, seperti wilayah Pantai Labuan, Tanjung Lesung, Bagedur, hingga Sawarna. Wisatawan diminta memerhatikan cuaca saat akan berlibur ke Banten.

"Ketinggian gelombang di Selat Sunda bagian Utara 0,5 meter hingga 1,25 meter. Lalu perairan Selat Sunda bagian Selatan dan perairan Selatan Banten, ketinggian gelombangnya mencapai 1,25 meter hingga empat meter," kata Prakirawan BMKG Klas I Serang, Trias Asmarahadi, saat dikonfirmasi, Jumat (13/12).

Hujan ringan hingga deras juga akan menerjang wilayah Banten, selama libur Nataru. Masyarakat yang akan berlibur atau menghabiskan malam panjangnya di pantai diharapkan berhati-hati.

"Desember sudah memasuki musim penghujan. Untuk libur Natal dan tahun baru, diprediksi akan mengalami hujan ringan sampai deras," terangnya.