BMKG peringatkan Jawa Barat dan Lampung hujan lebat disertai petir

Potensi hujan disertai angin kencang juga petir atau kilat diprediksi terjadi di 14 wilayah Jawa Barat. 

Ilustrasi cuaca buruk. Antara Foto

Di hari pertama tahun 2019 Selasa, (1/1), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan dini kepada masyarakat agar mewaspadai potensi hujan disertai angin kencang juga petir atau kilat di 14 wilayah di Jawa Barat. 

Peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang diprediksi terjadi di sebagian wilayah Subang, Indramayu, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Sumedang, Bandung, Pangandaran, dan Ciamis. Potensi hujan disertai angin kencang dan kilat itu terjadi antara sore hingga menjelang malam hari.

Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Afus Wijaya, mengatakan prakiraan cuaca di wilayah Jawa Barat berlaku mulai 1 Januari 2019. Adapun pada pagi hari secara umum cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Bekasi dan Sukabumi.

“Kemudian antara siang sampai sore harinya, secara umum berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bogor, Sukabumi, Bekasi, Karawang, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Kuningan, Cirebon,” kata Tony di Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/1).

Sedangkan untuk malam harinya, secara umum berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Subang, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Karawang, Ciamis, Pangandaran serta pada dini harinya secara umum berawan.