BMKG: Waspadai gelombang 9 meter di perairan Indonesia

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan 5-30 knot.

Ilustrasi gelombang tinggi. AntaraFoto

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 1-2 Januari 2021.

"Dimohon kepada para pengguna jasa laut dan masyarakat yang tinggal serta beraktifitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis BMKG dalam keterangan resmi, Jumat (1/1).

Dijelaskan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan 5-30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 4-25 knot. 

Tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan Kep. Bintan, Laut Natuna Utara, Laut Natuna, perairan Kep. Anambas, perairan Kep. Natuna, dan Selat Sunda bagian selatan.

Berdasarkan pantauan BMKG, perairan dengan gelombang rendah 0.5m-1.25m terjadi di perairan Riau, perairan Kep. Batam, Selat Sunda bagian utara, perairan Kep. Seribu, Teluk Jakarta, perairan Kalimantan Timur, perairan Kep. Selayar, Selat Makassar bagian utara.