Bocorkan nama-nama calon Dewas KPK, Jokowi: Pasti orang baik

Jokowi masih menyaring nama-nama yang diusulkan menjadi anggota Dewan Pengawas KPK.

Presiden Joko Widodo berpidato dalam acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019). Foto Antara/Akbar Nugroho Gumay

Presiden Joko Widodo menyebut sejumlah nama yang diusulkan menjadi anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi. Jokowi mengatakan nama-nama tersebut masih digodok, namun dipastikan memiliki latar belakang yang baik.

Jokowi mengatakan, nama-nama yang masuk berasal dari berbagai latar belakang profesi. Mulai dari penegak hukum, ekonom, hingga akademisi. 

"Ada hakim Albertina Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan," kata Presiden Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12).

Selain dua nama tersebut, Jokowi juga menyebut nama mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki. Masih ada nama-nama lain yang tengah disaring untuk ditetapkan sebagai anggota Dewan Pengawas KPK.

Albertina Ho merupakan hakim karier yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang. Namanya dikenal publik saat menjadi ketua majelis hakim kasus suap pegawai pajak, Gayus Tambunan, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.