'Bunuh diri’ new normal Covid-19 di Indonesia

Beberapa negara melonggarkan pembatasan sosial. Bersiap menjalankan new normal. Sementara di Indonesia, kasus Covid-19 masih tinggi.

Ilustrasi new normal. Alinea.id/Oky Diaz.

Rabu (20/5) siang, sebuah supermarket di bilangan Slipi Jaya, Jakarta Barat, ramai pengunjung. Salah seorang warga Tanti Carlitawati merasa khawatir dengan kondisi massa yang berkerumun.

Namun, di tengah ancaman tertular SARS-CoV-2 penyebab Coronavirus disease (Covid-19) ia terpaksa harus belanja ke supermarket itu untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

“Mau gimana lagi, yang penting pakai masker sama hati-hati. Tapi, ini padat sekali,” kata Tanti ditemui reporter Alinea.id di Slipi Jaya, Jakarta Barat, Rabu (20/5).

Kondisi supermarket itu memang ramai di hari-hari menjelang Idulfitri. Namun, warga tetap tertib mengantre menuju kasir, dengan mengatur jarak sekitar satu meter.

Sementara itu, salah seorang warga yang tinggal di Tanjung Duren, Jakarta Barat Samuel Fabian mengatakan, ia hanya sekali dalam seminggu bepergian keluar rumah. Selain membeli kebutuhan pokok, biasanya ia bepergian terkait pekerjaannya sebagai pegawai polis asuransi.