Nasional

Evaluasi PTM, P2G temukan banyak pelanggaran prokes

Guru dan siswa banyak tidak memakai masker.

Rabu, 07 April 2021 16:59

Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menemukan banyak pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. Tentu, ini sangar rawan terjadi penularan Covid-19. 

P2G melakukan evaluasi PTM di 16 provinsi (Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, NTT, Papua, dan Papua Barat) dalam rentang waktu Januari hingga April 2021.

Contoh kasus yang banyak terjadi, guru dan siswa tidak memakai masker. "Adapun memakai masker, tetapi tidak sesuai prokes karena hanya dipakai di dagu. Kemudian, masih terjadi pelanggaran terhadap 3M lainnya yaitu tidak menjaga jarak. Menurut gurunya karena faktor anak-anak kangen-kangenan, akhirnya lupa," kata Kabid Advokasi P2G Iman Zanatul Haeri dalam keterangan tertulis, Rabu (7/4).

Siswa dan guru juga melanggar prokes ketika pulang sekolah. Misalnya, nongkrong hingga berkerumun dalam angkutan umum. Di sisi lain, vaksinasi bagi guru dan tenaga pendidikan masih belum merata. 

Bahkan, di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, vaksinasi guru SMA/SMK lebih dulu daripada PAUD, SD, dan SMP.

Manda Firmansyah Reporter
Achmad Rizki Editor

Tag Terkait

Berita Terkait