Resmi dibuka, GSBD 2022 sebagai ajang pengenalan warisan budaya

Gelar Seni Budaya Daerah (GSBD) tahun 2022 yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Ubalan Waterpark, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. Foto dokumentasi.

Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto mengadakan Gelar Seni Budaya Daerah (GSBD) tahun 2022 yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Ubalan Waterpark, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. GSBD 2022 ini resmi dibuka dengan ditandai pemukulan genderang bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto. 

GSBD tahun 2022 ini, digelar pertama kali setelah terkendala pandemi Covid-19 yang melanda wilayah Kabupaten Mojokerto dua tahun terakhir ini, kegiatan ini dapat menjadi kesempatan dalam mengembangkan kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten Mojokerto, khususnya di lingkup pelajar. Serta mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mojokerto. 

Dengan mengusung tema 'Adyatama Sandya Nusantara' yang bearti keutaman seni budaya Nusantara, pagelaran GSBD tersebut berlangsung mulai tanggal 22 hingga 28 Mei 2022, terdapat berbagai pagelaran seni budaya yang akan berlangsung selama tujuh hari kedepan. Seperti penampilan tarian, bantengan, band musik, musik keroncong, pameran lukisan, festival mewarnai tingkat TK, festival gambar bercerita tingkat SD, stand macam-macam makanan dan minuman, souvenir serta kerjainan khas Kabupaten Mojokerto. 

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, GSBD tahun 2022 merupakan agenda runtin Pemkab Mojokerto melalui Disbudporapar sebagai bentuk mengenalkan warisan budaya dan pariwisata di Kabupaten Mojokerto.

"Gelar Seni Budaya Daerah merupakan ajang untuk mengenalkan warisan budaya, untuk penguatan martabat, jati diri dan sumber inspirasi dalam proses mengenal sejarah bagi kehidupan berbudaya di Kabupaten Mojokerto," ucapnya.