Gugas Covid-19 umumkan 5 kombinasi obat penangkal virus

Lima kombinasi obat Covid-19 tersebut merupakan hasil kolaborasi Unair, BNPB, dan BIN.

Petugas medis menunjukkan hasil sampel saat tes swab di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (27/4/2020)/Foto Antara/Arif Firmansyah.

Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 mengumumkan lima kombinasi obat yang telah terbukti efektif melawan Covid-19.

Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga (Unair) Purwati mengungkapkan, lima kombinasi obat tersebut merupakan hasil penelitian 14 regimen kombinasi obat.

“Akhirnya mendapatkan kombinasi lima regimen obat yang memiliki potensi dan efektivitas yang cukup bagus untuk menghambat target atau menurunkan perkembangbiakan virus itu di sel,” ujar Purwati dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (12/6).

Berdasarkan hasil penelitian, lima kombinasi obat ini ternyata bisa menghambat perkembangbiakan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di sel tubuh hingga tidak terdeteksi dalam waktu 24 jam. 

Lima kombinasi obat tersebut meliputi, Lopinavir-ritonavir-azitromisin, Lopinavir-ritonavir-doksisiklin, Lopinavir-ritonavir-klaritromisin, Hidroksiklorokuin-azitromisin, dan Hidroksiklorokuin-doksisiklin.