Gunung Semeru keluarkan 13 kali letusan

Gunung api Semeru dilaporkan mengeluarkan 13 kali letusan dan gempa.

Ilustrasi Gunung Semeru. Foto Pixabay.

Gunung api Semeru dilaporkan mengeluarkan 13 kali letusan dan gempa yang didominasi oleh gempa awan panas dan gempa letusan. Jumlah dan jenis gempa yang terekam itu tercatat periode 4 Desember 2022 pukul 00.00-12.00 WIB.

Hal tersebut diketahui dari data Pos Pengamatan Gunung Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Jumlah dan jenis gempa yang terekam periode 4 Desember 2022 pukul 00.00 WIB-12.00 WIB hingga didominasi oleh gempa awan panas dan gempa letusan 13 kali," dilansir dari laman resmi MAGMA Indonesia Kementerian ESDM, Minggu (4/13).

PVMBG menyebut jika amplitudo awan panas terekam 40 mm dan masih berlangsung hingga saat ini. Teramati juga awan panas guguran dengan jarak 12 kilometer (km) dari puncak dan masih terus berlangsung. Selain itu, sebaran material erupsi berupa lontaran batuan pijar diperkirakan dapat mencapai radius 8 km dari puncak. Sedangkan material lontaran berukuran abu saat ini mencapai 12 km ke arah tenggara. 

"Arah dan jarak sebaran material abu ini dapat berubah tergantung arah dan kecepatan angin," tulis PVMBG.