Hari ini puncak arus balik moda pesawat terbang

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik Lebaran untuk moda tranpsortasi udara terjadi pada hari ini.

On Time Performance (OTP) maskapai paling baik selama musim mudik-balik lebaran 2018 berturut-turut adalah Batik Air, Garuda Indonesia,  Citilink, Indonesia AirAsia dan NAM Air. / Antara Foto

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik Lebaran untuk moda tranpsortasi udara terjadi pada Rabu (20/6). Hal ini disebabkan masyarakat mulai bekerja pada Kamis (21/6).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso menyatakan mulai dari H-7 hingga H+4 rata-rata tingkat isian penumpang (load factor) maskapai mencapai lebih dari 90%.

Sementara itu, untuk tingkat ketepan waktu penerbangan yang direpresentasikan dalam angka On Time Performance (OTP) maskapai paling baik berturut-turut adalah Batik Air, Garuda Indonesia,  Citilink, Indonesia AirAsia dan NAM Air. 

“Dari urutan OTP dimasa lebaran 2018 ini terpantau beberapa airlines swasta Indonesia mulai menunjukkan performansi membaik, ini sinyal positif dari profesionalisme swasta Indonesia, dan kami berharap ambiance kebangkitan swasta nasional bisa berlanjut. Kami selaku regulator penerbangan berkomitmen kuat akan memajukan stakeholder penerbangan Indonesia secara harmonis," kata Agus.

Sementara, selama musim Lebaran 2018 maskapai telah menambah sekitar 1000 penerbangan tambahan (extra flight). Dari catatan arus mudik, tambahan penerbangan untuk rute internasional lebih tinggi dibanding tahun lalu. Selain itu, traffic penerbangan internasional selama lebaran 2018 juga naik sebesar 18% atau lebih tinggi dibandingkan kenaikan traffic harian yang hanya berkisar 10%.