Indonesia terima bantuan asing dalam penanganan di Palu

Sebanyak 18 negara sahabat menawarkan bantuan penanganan gempa bumi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah

Menkopolhukam Wiranto (tengah) bersama Mendagri Tjahjo Kumolo (kedua kiri) dan Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita (ketiga kanan) memberikan keterangan pers terkait penanganan darurat gempa bumi Donggala, di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Sabtu (29/9) dini hari. /AntaraFoto

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) menyebutkan Presiden telah memutuskan menerima bantuan dari negara asing. 

Menkopolhukam Wiranto menjelaskan alasan Jokowi menerima bantuan asing itu karena telah melakukan hubungan persahabatan dengan banyak negara. 

"Kunjungan Jokowi keberbagai negara sahabat dalam rangka menjalin dan mempererat bilateral dan multilateral, sehingga disana hubungannya saling menguntungkan dan saling membantu," sebutnya. 

Selain itu, ada tawaran dari sejumlah negara untuk ikut membantu dalam penanganan di Palu. Indonesia pun mengapresiasi hal itu. 

Pertimbangan lainnya, Indonesia telah banyak berpartisipasi dan memberikan sumbangan terhadap negara yang mengalami musibah.