Jalur mudik, gage dan one way berlaku hari ini

Selama arus mudik Lebaran, gage dan one way berlaku di jalan tol.

Ilustrasi - Arus lalu lintas jalan Tol Jakarta-Cikampek. Dok: Antara

Korlantas Polri sudah mulai menerapkan rekayasa lalu lintas berupa one way dan ganjil-genap (gage). Para pemudik diminta siap untuk mengikuti aturan tersebut.

Kabagops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi, mengajak masyarakat di jalan tol untuk tidak menggunakan bahu jalan kecuali darurat. Jika lelah diperjalanan, Eddy merekomendasikan rest area atau arteri sebagai tempat istirahat. 

"Mari taati aturan one way beserta ganjil-genap ini. Ikuti petunjuk petugas di lapangan. Untuk pengemudi agar tertib jalur dan lajurnya. Tidak berhenti di bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Silakan istirahat di rest area terdekat atau keluar ke arteri untuk istirahat. Setelah itu bisa masuk kembali ke jalur tol," kata Eddy kepada wartawan, Kamis (28/4). 

Sistem one way dan gage di jalan tol mulai berlaku hari ini, Kamis (28/4). Penerapannya dilakukan sepanjang gerbang tol Cikampek, Jawa Barat hingga gerbang tol Kalikangkung, Jawa Tengah oleh Korps Lalu Lintas Mabes Polri.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, penerapan kebijakan tersebut akan dimulai dari jalan tol Cikampek Km 47-gerbang tol Kalikangkung Km 414. Penerapan sistem ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di ruas tol saat pelaksanaan mudik Lebaran atau Idulfitri 2022.