Netty: Jangan mengaku Pancasilais sejati, sementara korupsi banyak terjadi

Pancasila dalam tindakan buat Indonesia menang melawan Covid-19.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher saat rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta/Foto dok Fraksi PKS

Momentum hari lahir Pancasila pada 1 Juni diharapkan menjadi spirit bangsa untuk membumikan nila-nilai Pancasila secara nyata dalam tindakan, bukan hanya diperingati dengan upacara seremonial dan slogan di bibir atau di medsos.

"Jadikan momentum ini sebagai spirit bangsa agar Pancasila nyata dalam tindakan dan wujud dalam perilaku segenap rakyat guna membangun Indonesia tangguh. Nilai-nilai Pancasila harus dibumikan, bukan lagi hanya ada dalam upacara seremonial dan slogan di bibir atau  di media sosial," ujar Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher dalam keterangan tertulis, Selasa (01/06/2021).

Pancasila dalam tindakan, sambungnya, akan membuat Indonesia menang melawan Covid-19. "Sebab kebijakan dan program penanganan diimplementasikan dengan benar. Tanpa penyimpangan, tanpa korupsi, tanpa moral hazard," bebernya.

Para pendiri bangsa, lanjut politikus PKS ini, telah menyusun dan merumuskan Pancasila dengan pikiran yang jernih dan cermat sebagai landasan ideal yang mampu menghadapi tantangan zaman dan perkembangan lingkungan strategis.

"Pancasila digali  dari khazanah nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang telah mengakar sebagai jati diri bangsa sejak lama. Dan hingga kini nilai-nilai Pancasila terbukti  relevan dalam menghadapi setiap tantangan zaman dan perubahan lingkungan strategis. Generasi penerus tidak boleh meninggalkan nilai-nilai Pancasila karena pengaruh budaya global," tuturnya.