Jokowi lepas bantuan 140 ton logistik untuk korban gempa Turki dan Suriah

Merupakan bantuan tahap ketiga, di mana dalam dua tahap sebelumnya pemerintah Indonesia mengirimkan tim pencarian dan tim medis darurat.

Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). YouTube Setkab

Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban terdampak gempa bumi di Turki dan Suriah. Pelepasan keberangkatan bantuan tahap ketiga tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pada pagi hari ini, kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan di sana," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2).

Jokowi menuturkan, Indonesia terus melakukan diplomasi kemanusiaan kepada negara lain, salah satunya melalui pemberian bantuan pascabencana. Ini merupakan bantuan tahap ketiga, di mana dalam dua tahap sebelumnya pemerintah Indonesia telah mengirimkan tim pencarian dan tim medis darurat sebagai prioritas awal.

"Sebelumnya juga telah kita kirim tim SAR dan tim medis, serta rumah sakit lapangan yang sangat membantu, plus juga pesawat Hercules yang sangat membantu awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa yang ada di Turki maupun di Suriah," ujar Jokowi.

Jokowi turut berharap bantuan ini dapat meringankan beban korban terdampak gempa bumi di kedua negara tersebut. "Kita harapkan apa yang dikirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana," tuturnya.