Jokowi buka pelibatan laboratorium lain uji spesimen coronavirus

Baru laboratorium Universitas Airlangga dan Lembaga Eijkman yang disebut Jokowi dapat menguji spesimen corona di luar Balitbangkes.

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers usai melakukan peninjauan kesiapan Bandara dalam menghadapi COVID-19 di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3/2020).Foto Antara/Muhammad Iqbal

Presiden Joko Widodo membuka pelibatan laboratorium di luar Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Balitbangkes Kementerian Kesehatan, untuk menguji spesimen coronavirus. Namun baru ada dua lembaga yang disebut Jokowi akan menguji spesimen yang selama ini dilakukan Balitbangkes.

"Mengenai pengecekan, saya sudah perintahkan ke Kemenkes agar lab di luar Balitbangkes bisa dilakukan," kata Jokowi dalam konperensi pers di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3).

Laboratorium yang disebut Jokowi akan turut terlibat dalam menguji spesimen COVID-19 adalah laboratorium Universitas Airlangga, Surabaya, dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

"Mungkin Airlangga di Surabaya dan Eijkman," katanya.

Sebelumnya, Eijkman telah meminta pemerintah agar mereka dilibatkan dalam penanganan coronavirus. Peneliti senior Lembaga Eijkman Herawati Sudoyo mengatakan, pihaknya memiliki peralatan modern untuk melakukan uji spesimen coronavirus.