Jokowi resmikan venue PON Papua: Pekerjaan kita belum selesai!

Presiden berpesan agar fasilitas venue berstandar internasional tidak terbengkalai usai PON Papua.

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers peresmian venue PON XX Papua, didampingi (dari kiri ke kanan) Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia/tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sejumlah venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Papua pada Sabtu (2/10) pukul 10.00 WIB.

Pada kesempatan itu, Presiden berpesan agar fasilitas-fasilitas berstandar internasional yang telah dibangun tidak ditinggalkan terbengkalai seusai pelaksanaan PON. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap agar fasilitas olahraga tersebut dapat digunakan secara berkelanjutan untuk pengembangan olahraga di Papua.

“Setelah mampu membangun venue-venue yang terbaik ini, pekerjaan kita belum selesai. Tugas selanjutnya adalah menjaga, tugas selanjutnya adalah merawat, dan tugas selanjutnya adalah memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Jokowi dalam video via kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“Saya tidak ingin setelah nanti PON usai, fasilitas yang telah dibangun dengan dana besar dan berstandar internasional ini justru menjadi tempat yang sepi. Tidak terawat, dan akhirnya rusak. Ini yang tidak kita maui,” bebernya.

Kepala Negara juga berpesan agar manajemen pengelolaan segera disiapkan oleh Pemprov Papua untuk mengelola sejumlah fasilitas itu, sehingga mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi dari Papua, baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.