Jokowi soroti kasus aktif dan sembuh Covid-19: Ini semuanya memburuk

Jokowi beber data kasus aktif dan sembuh Covid-19 per 29 November.

Presiden Joko Widodo menggunakan masker saat meninjau RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta/Antara Foto/Hafidz Mubarak A

Presiden Joko Widodo menyampaikan, berdasarkan data per 29 November 2020, kasus aktif Covid-19 meningkat menjadi 13,41%. Sementara tingkat kesembuhan juga mengalami penurunan, dari 84,03% minggu lalu menjadi 83,44%.

“Ini semuanya memburuk semuanya. Karena adanya tadi, kasus yang memang meningkat lebih banyak di minggu-minggu kemarin,” kata Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas mengenai Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (30/11), di Istana Merdeka, Jakarta.

Untuk itu, Jokowi mengingatkan jajarannya agar berhati-hati dan mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 meski angka tersebut lebih baik dari angka rata-rata dunia.

Kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Jokowi meminta untuk mengingatkan para kepala daerah agar memegang penuh kendali penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di wilayah masing-masing.

“Saya minta Menteri Dalam Negeri mengingatkan sekali lagi kepada para gubernur, bupati, dan wali kota untuk betul-betul memegang penuh kendali di wilayahnya masing-masing,” katanya.