Kapolri imbau pemudik mengatur waktu balik

Sehingga masyarakat bisa kembali dengan nyaman dan pemerintah bisa berikan pelayanan yang terbaik.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Foto: humas Polri

Meningkatnya grafik perjalanan arus balik dalam dua hari terakhir, membuat Kapolri Jenderal Listyo Sigit kembali menyarankan kepada masyarakat yang hendak kembali dari mudik untuk kembali mengatur waktu balik.

"Mengatur waktu balik. Karena memang beberapa kementerian/lembaga, seperti Kementerian PANRB, Kemendikbudristek dan asosiasi pengusaha juga memberikan semacam relaksasi selama satu minggu ke depan," kata dia dalam keterangannya yang dipantau secara online, Sabtu (7/5).

Tentunya, jelas dia, hal itu bisa dilakukan jika pekerjaannya bisa diselesaikan dengan menggunakan teknologi. Lagi pula, waktu masuk sekolah di Jakarta dan sekitarnya diundur menjadi 12 Mei. Sehingga sangat memungkinkan untuk mengatur waktu pada saat balik.

"Sehingga kepadatan di arus balik bisa dihindari, bisa diurai. Masyarakat bisa kembali dengan nyaman dan pemerintah bisa berikan pelayanan yang terbaik," kata dia lagi.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memberi arahan kepada seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) agar mengatur jadwal work from home (WFH) di instansi masing-masing. WFH bisa diterapkan selama satu minggu setelah puncak arus balik Lebaran pada 8 Mei 2022.