Kapolri perintahkan Kapolda Sulteng berkantor di Poso

Tujuan Kapolda Sulteng berkantor di Poso agar fokus buru kelompok MIT Ali Kalora.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz usai menjadi pembicara diskusi Panel VIII Rakornas Indonesia Maju, di Bogor Jawa Barat/Antara Foto.

Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Abdul Rakhman Baso untuk berkantor di Poso. Tujuannya, agar lebih fokus mengejar kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

"Perintah Kapolri hari Selasa 1 Desember 2020, Kapolda Sulteng berkantor di Poso dan di-back up oleh tim terbaik Bareskrim Polri," ucap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/12).

Argo menambahkan, demi mempercepat proses pengejaran, Kapolri juga memerintahkan untuk mengirimkan tambahan personel Bareskrim Polri ke lokasi kejadian.

Lebih lanjut, Argo menuturkan, dalam pengejaran anggota MIT, Satgas Tinombala tidak hanya dibantu TNI dan Densus 88 Antiteror, tetapi juga diberikan dukungan drone serta intel IT guna membantu proses pengejaran. Seluruh pasukan itu dikerahkan di tiga desa.

"Pasukan satgas Operasi Tinombala ke wilayah Desa Lembahtongoa, Sausu, Salatanga," ujarnya.