Karena udara bersih adalah berkah yang harus diperjuangkan...

Inisiatif warga sekecil apa pun turut berkontribusi mengurangi pencemaran udara di ibu kota.

Ilustrasi polusi udara di DKI Jakarta. Alinea.id/Enrico P.W

Bagi Fahmi Saimima, menggowes sepeda bukan sekadar mempraktikkan gaya hidup sehat untuk diri sendiri. Tak peduli sekecil apa pun, ia berharap aktivitasnya sebagai pesepeda bisa mengurangi polusi udara di DKI Jakarta yang kian hari kian parah. 

"Ya, walaupun tidak banyak memperbaiki kualitas, tetapi kami punya visi misi yang istiqomah. Dalam artian, ya sudah, kalau tidak bisa buat apa-apa, ya, ini salah satu apa yang kita buat untuk memperbaiki kualitas udara,” terang Fahmi saat berbincang dengan Alinea.id, Kamis (30/9).

Fahmi saat ini dipercaya menjabat sebagai Ketua Tim Advokasi Bike To Work (B2W) Indonesia. Berdiri sejak 2005, komunitas itu kini telah memiliki cabang di 120 kabupaten dan kota. Total ada lebih 100 ribu orang yang menjadi anggota B2W Indonesia.

Selain menganjurkan anggotanya menggunakan sepeda dalam mobilitas sehari-hari, menurut Fahmi, B2W Indonesia mempunya sejumlah program yang diharapkan mampu turut menurunkan polusi udara di Indonesia, semisal mendampingi dalam advokasi, mengampanyekan pola hidup sehat, melakukan kegiatan sosial, dan mengedukasi warga tentang bahaya polusi. 

“Kalau kualitas udara, sudah pasti Jakarta jadi tempat mencemaskan dalam kualitas udaranya. Kami melakukan bersepeda sebenarnya hanya sedikit memberikan dorongan (untuk perbaikan kualitas udara) saja," tutur Fahmi.