Katulampa Siaga II, Jakarta bersiap hadapi luapan banjir

Air kiriman dari Bogor membutuhkan waktu 12 jam untuk sampai di Jakarta.

Warga mendorong motornya melintasi genangan banjir di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Rabu (1/1/2020). Foto Antara/Aprillio Akbar

Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat, berada dalam status Siaga II setelah tinggi air naik menjadi 170 cm sekitar pukul 09.00 WIB. Para pihak terkait di DKI Jakarta bersiap menghadapi kemungkinan banjir atas kiriman air dari Bogor.

Kepala UPT Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, M. Ridwan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, seperti aparat wilayah, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Badan SAR Nasional, dan Dinas Sosial. 

Menurut dia, semua pihak tengah beroperasi untuk menjalani langkah-langkah penanggulangan awal banjir, utamanya soal evakuasi warga. Selain itu, BPBD DKI juga telah meminta PLN untuk mematikan aliran listrik di daerah tergenang banjir.

"Kita memastikan bahwa teman-teman di lapangan sudah melakukan evakuasi dengan optimal, termasuk dari Basarnas sejak pagi tadi," ujar Ridwan saat dihubungi reporter Alinea.id di Jakarta, Rabu (1/1).

Tinggi air akibat banjir di wilayah Jakarta berpotensi semakin tinggi, mengingat akan ada kiriman air dari Bogor. Petugas Pintu Air Bendung Katulampa, Andi Sudirman di Bogor, Jawa Barat, mengatakan tinggi permukaan air di Bendung Katulampa terus naik karena hujan terus turun secara merata.