Kawasan Monas ditutup selama masa pergantian tahun

Polisi melakukan pengamanan terhadap 52.636 lokasi lainnya.

Ilustrasi Monas. foto Unsplash

Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jakarta Raya (Jaya) memastikan kawasan Monumen Nasional (Monas) ditutup saat malam pergantian tahun. Hal itu berdasarkan hasil rapat koordinasi, Polda Metro Jaya dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kodam Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan, acara pergantian tahun tetap dapat dilakukan pada sejumlah tempat wisata atau kawasan publik lainnya. Sebut saja, Mulai dari Ancol, Kota Tua, Pantai Indah Kapuk, Setu Babakan, Monas, hingga Bundaran Hotel Indonesia. 

“Khusus untuk Monas sendiri, ini memang tidak melaksanakan kegiatan, jadi tidak dibuka untuk umum pada saat pergantian tahun,” kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Selasa (20/12).

Zulpan menyebut, acara puncak perayaan tahun baru di Ibu Kota rencananya bakal digelar di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Pihaknya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta pun bakal menyiagakan personel guna pengamanan perayaan tahun baru ini. Hal itu dilakukan tak lain agar semua berjalan aman dan lancar.

"Dalam rapat sudah diputuskan, jadi untuk tingkat DKI Jakarta yang di wilayah hukum Polda Metro Jaya puncak perayaan pergantian tahun direncanakan di Taman Mini Indonesia Indah,” ujarnya.