Keluarga Lukas Enembe bantah KPK: Sakitnya sangat parah

"Kami sangat menyesalkan narasi berulang yang disampaikan KPK, bahwa Pak Lukas kondisinya sehat."

Perwakilan keluarga Lukas Enembe, Elius Enembe, membantah KPK tentang kondisi kesehatan Lukas Enembe. Alinea.id/Marselinus Gual

Pihak keluarga Gubernur nonaktif Papua, membantah pernyataan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang kondisi kesehatan Lukas. Dalihnya, apa yang disampaikan penegak hukum berbeda dengan hasil kunjungan.

KPK sebelumnya menyatakan Lukas Enembe, berdasarkan hasil pemeriksaan tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, sehat bahkan bisa mengikuti pemeriksaan dan proses hukum sehingga tidak perlu dirujuk ke Singapura. Sementara itu, pihak keluarga sempat menjenguk Lukas di tahanan pada Senin (20/2).

"Kami sangat menyesalkan narasi berulang yang disampaikan KPK, bahwa Pak Lukas kondisinya sehat. Kenapa demikian? Karena faktanya kondisi Pak Lukas Enembe sakit bahkan sakitnya sangat parah," ujar adik Lukas Enembe, Elius Enembe, saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (21/2).

Elius Enembe melanjutkan, kakaknya sedang sakit ginjal, gula, jantung, sudah empat kali terkena stroke sehingga kesulitan berjalan dan bicara, dan sedang dalam kontrol tim dokter pribadi maupun keluarga untuk minum obat dan makanan saat diamankan KPK di Jayapura, Papua, pada 10 Januari 2023. Lukas mengonsumsi sekurangnya 9-10 jenis obat. 

Menurutnya, KPK juga membenarkan buruknya kondisi kesehatan Lukas Enembe sehingga harus berjalan dengan menggunakan kursi roda. Bukan hanya itu, ketika dilakukan pemeriksaan, Lukas bolak-balik ke kamar mandi sekurang-kurangnya lima kali.