Kemenag berangkatkan 419 peserta umrah ke Arab Saudi

Kemenag memfinalisasi regulasi tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi, termasuk terkait integrasi sistem dengan Arab Saudi.

Jmaah umrah tengah mempersiapkan keberangkatannya dari Asrama Haji Pondok Gede, Sabtu (08/01).Dok Kemenag.

Kementerian Agama (Kemenag) memberangkatkan 419 orang untuk menjalankan umrah hari ini, Sabtu (08/01). Keberangkatan para jemaah dilepas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief.

Hilman berpesan kepada jemaah dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) agar mematuhi aturan di Indonesia maupun di Arab Saudi. 

"Jaga kepercayaan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Tunjukkan bahwa jemaah umrah Indonesia patuh pada aturan, khususnya patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Ingatlah, pandemi Covid-19 belum berakhir," ucap Hilman seperti dalam rilis resminya, Sabtu (08/01).

Sesuai arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Hilman menyatakan, pihaknya tengah memfinalisasi regulasi tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi, termasuk terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. Hal itu dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan jemaah.

"Proses verifikasi sertifikasi vaksin, tes kesehatan, karantina dan screening kesehatan dilaksanakan secara mudah, cepat, valid, akurat, serta menjamin kepatuhan persyaratan yang telah ditentukan oleh kedua negara, Indonesia dan Arab Saudi," kata Hilman.