Kemenpar siapkan Rp100 miliar untuk swakarantina di hotel

Fasilitas ini ditujukan bagi pasien asimtomatik dan bergejala ringan.

Gubernur Riau, Syamsuar, bersama TNI, Polri, dan tim medis mengecek kesiapan hotel yang akan dijadikan fasilitas swakarantina pasien Covid-19 di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (16/9/2020). Dokumentasi Pemprov Riau

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Letjen TNI Doni Monardo, menyatakan, terdapat sembilan provinsi mengalami lonjakan kasus terkonfirmasi secara signifikan. Detailnya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Bali.

Pemerintah lantas menyiapkan sejumlah upaya mitigasi penyebarannya, salah satunya menyiapkan fasilitas swakarantina bagi terkonfirmasi tanpa gejala (asimtomatik) hingga bergejala ringan serta tenaga kesehatan (nakes) penangan Covid-19 dengan memanfaatkan hotel.

"Bapak Presiden telah memberikan instruksi kepada Bapak Menteri dan juga Ketua Satgas untuk menyiapkan sejumlah fasilitas hotel bagi masyarakat yang memerlukannya, termasuk juga tenaga kesehatan," ucapnya saat telekonferensi dari Graha BNPB, Jakarta, Kamis (17/9).

Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, menambahkan, pihaknya bersama industri hotel menyiapkan akomondasi bagi pasien Covid-19 dan nakes menjalani swakarantina di tempat penginapan tersebut. Pun melibatkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

“Akomodasi hotel ini disiapkan untuk menambah kapasitas di luar rumah sakit darurat (RSD), Wisma Atlet Kemayoran, dan lain-lain," paparnya pada kesempatan sama.